welcome

hanya sebuah kisah

Thursday, July 17, 2008

bagiku sudah terbiasa

ehm.....
Tahun pertama aku kuliah disaat aku hampir mencapai apa yang aku mau
tiba - tiba ALLAH berkata tidak!!!

Lantas DIA mengambil salah satu yang aku pinjam untuk ku miliki sementara
DIA mengambil milikNYA!!!

Ayahku menghadapi maut disaat aku tak bisa pulang karena alasan yang membuat aku tak bisa berbuat apa - apa!!!!!!!!!!!hingga akhirnya aku memutuskan aku untuk berhenti mengejar impian yang sudah didepan mata itu dan hingga akhirnya aku harus memulainya lagi dari nol.
tetapi semua pengorbananku nihil!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Disaat aku pulang,tubuh yang kurus karena melawan penyakit yang selama ini merenggutnya sudah terbujur kaku tak bisa bergerak!ku pandangi semua d sekitarku,semua orang menataapku dan sedikit kata lirih yang mereka keluarkan 'INNALILLAHI WA INA ILLAIHI ROJI'UN '!!!!!!!!!!!!!!!
Tersentak bukan main jantungku ini!aku merasa di alam bawah sadarku,tapi ku coba untuk sadar ini semua adalah rencanaNYA!!!!!!!!!!!
ku langkahkan kaki mendekat pada tubuh yang terbujur kaku itu dan ku pandangi dalam - dalam.
Ku peluk dan ku bisikan beberapa kata yang ingin selalu ku ucapkan padanya dan setiap kali aku ingin mengucapkannya kata itu selalu tertahan di tenggorokanku sehingga sulit rasanya untuk keluar!tapi herannya pada saat itu kata itu meluncur begitu lancar dan cepat tanpa ku bisa sadari akan hal itu, ku bisikan kata yan g begitu simple ' ayah maafin eszie,eszie sayang banget sama ayah'.
Ku terdiam dalam kaku, aku sadar semua kata itu kini tak berarti lagi dan sangat terlambat! tapi setidaknya eszie pengen ayah tau kalau eszie tuh selama ini sayang banget sama ayah.
walaupun kata itu tak pernah terucap karena eszie gak tau harus bagaimana menunjukannya padamu!!!!!!!!!!!!!!

Sesaat kudapati seseorang mengangkat tubuhku ini,dan ku palingkan muka ke hadapnya!ternyata kakak lelakiku!ku peluk dia erat tapi ku coba untuk tak meneteskan airmata,mataku begitu perih ku coba tahan semampu ku bisa!!!!!!!!!!! dan sesaat dia membisikan kalimat yang membuat aku harus berjuang kembali untuk semua hidup dan keluargaku! 'De, ini saatnya untuk kita berjuang menggantikan dia yang sudah lemah tak berdaya!'.
ku lepaskan pelukannya dan ku ucapkan 'ku sudah siap kak!apapun itu akhirnya,ku sudah siap menerimanya karena ku tahu ini adalah yang terbaik untuk kita dan DIA'.

Ku biarkan mata ini menelusuri setiap sudut ruangan itu,ku dapati seraut wajah yang selalu inginku peluk namun ku tak bisa karena ku tak tahu bagaimana caranya untuk menunjukan rasa itu,tapi lagi - lagi saat itu aku begitu lancar melakukan semua itu!!!!!!!!!!!
ku peluk tubuhnya dan ku cium keningnya seraya berkata ' mah,eszie sayang mamah!mamah yang sabar yah ini semua sudah keputusanNYA. eszie kan berjuang untuk mamah dan ade '
tiba - tiba pelukanku terlepas oleh suara anak kecil yang begitu lugu memanggilku dari belakang dan ku palingkan wajahku,,,,,,,,,,,
YA ALLAH...........adeku yang manis kini airmatanya sudah tak bisa keluar lagi,matanya begitu merah mungkin dia terlalu banyak menangis.
langsung ku biarkan dia memelukku erat,rupanya air mataku sudah tak bisa ku tahan lagi......ku tumpahkan bendungan airmata ini.....................................

Sesaat eszie lepaskan pelukan itu dan ku langkahkan kaki,ku basahi mukaku dengan air wudhu,terasa sejuk sesaat!itu yang selalu ayah ajarkan padaku di tengah kebingungan.
ku ambil satu qur'an dan ku baca lirih!!!!!!!!!!!
tiba - tiba semua bayangan tentangnya hadir di depanku,ku tak bisa tahan air mata lagi ku teteskan semua saat aku membaca yassin untuknya!

Terbayang saat dia mengajariku memebaca al-quran pertama kalinya,kusembunyikan semua qur'an dirumah d tempat rahasia kakakku dan aku!sehingga di rumah tak ada satu pun qur'an lagi!aku dan kakakku tertawa menang dan kita melanjutkan bermain!

Wah begitu nakalnya aku ini,tapi dia selalu sabar menghadapi dua jagoannya!tak pernah sekali pun aku lihat dia marah atau kesal di wajahnya,yang ada hanya senyuman yang selalu tersungging d wajahnya sehingga membuatku malu dan akhirnya ku kembalikan qur'an ke tempat semula.walaupun kakakku marah ku biarkan saja,lantas ku mandi dan mengganti bajuku lalu ku pakai kopiah dan ku langsungkan sholat!!!!!!!!!!!ayahku menepuk dari belakang sambil berbisik ' anak yang pintar pasti tau apa yang harus dia lakukan '. wajah kecilku tersipu mendpat pujian itu!!!padahal waktu itu mungkin umurku baru menginjak 3 tahun. entah lah terkadang aku pun sulit untuk mengingatnya.

Aku terbangun dari lamunanku saat kakaku bertanya sudah selesaikah ku membaca yassin untuknya, dan dia berkata saatnya ayah di kebumikan karena dia sudah terlalu lama menungguku!

Oh aku anggukan kepalaku dan ini mungkin yang terberat buatku!ku angkat tubuh itu............................YA ALLAH,,,,,,,,,,,,,,,,begitu ringannya tubuh ini!!!!
ku bawa keluar tubuh itu dan SUBHANALLAH begitu banyak orang yang datang untuk bertakziah!!!!!!!!!!!!!!!!aku luar biasa terkejutnya semua orang datang,hingga ku sulit untuk melangkah!padahal ayahku hanya seorang sopir angkutan umum,bukan orang yang punya pangkat atau orang kaya sekali pun,malah kita jauh dari itu!!!!!!!!!!!!!!!!padahal kita hanya orang biasa yang hanya punya cinta dan kebaikan untuk semua orang!

YA ALLAH......................begitu sholeh nya ayahku ini sehingga tak ada satupun kejelekan yang ia perbuat,aku sangat malu jadi anaknya!karena aku jauh dari itu,aku hari - hari main,keluyuran,dan lain sebagainya.
tapi satu sisi aku sangat bangga melihat semua itu!YA ALLAH....bisakah eszie seperti ayah?
ku antarkan tubuh itu ke tempat pengistirahatan terakhirnya!!!!!!!!!!!!!!!!!!
sesaat semua orang memandangku saat aku menuju pulang seraya berkata, 'nak kau terlalu mirip ayahmu dalam hal apapun,baik luarnya maupun dalamnya' kutertegun sesaat dan ku langkahkan kakiku kembali!!!!!!!!!!!!!!!!

Entahlah aku bisa atau tidak seperti ayahku???!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Yang jelas ingin ku katakan sekali lagi kata itu sebelum dia pergi

AYAH ESZIE SAYANG BANGET SAMA AYAH,KENAPA BEGITU CEPAT KAU PERGI
KENAPA HANYA 18 TAHUN WAKTUKU BERSAMAMU?????????????????

No comments: